a Mengenal Diri, Tafakur, Muhasabah dan Dzikrullah – Yayasan Alam Melayu Sriwijaya

Di zaman sekarang ini, banyak orang kehilangan pegangan atau sandaran, sehingga tidak tahu kemana harus mengadu. Banyak pengembara yang tidak tahu jalan pulang, sehingga ia tersesat di jalan-jalan buntu. Mengapa? Sebab, mereka tak pernah tahu siapa dirinya. Mereka sibuk mengenali orang lain, tapi tak pernah mau mengenali diri sendiri. Pada titik tertentu, manusia-manusia seperti ini akan mengalami kejenuhan yang berujung pada kegelisahan, bahkan tak menutup kemungkinan akan terjerumus ke jurang keputusasaan.
Orang yang tidak mampu mengenali dirinya, tak akan mampu mengenali Tuhannya. Sebab itu, sebelum kita terlalu jauh berkeinginan untuk bisa dekat dengan Tuhan, kenalilah terlebih dahulu siapa diri kita sesungguhnya. Kita harus bertafakur, betapa banyak kesempatan yang telah kita gunakan untuk menzalimi dan melalaikan kewajiban-kewajiban kepada diri kita sendiri.
Bayangkan, betapa banyak waktu yang kita gunakan hanya untuk menghadirkan racun dan penyakit pada tubuh kita dari makanan dan minuman yang kita konsumsi atau dari pola hidup yang kita jalani. Kita seolah-olah tidak mengerti (padahal sebenarnya kita mengerti!) bahwa tubuh kita perlu dijaga agar tetap sehat. Ini hanya salah satu contoh sederhana. Contoh lain tentu masih banyak dan dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan.
»» Butuh waktu yang tidak singkat untuk mengenal diri sendiri. Kita harus melewati berbagai macam ujian dan cobaan sehingga kita memahami siapa diri kita sebenarnya. Butuh pengorbanan dan cinta yang mendalam. Kita juga harus bersikap jujur kepada diri sendiri, tidak memakai topeng dihadapan orang lain, serta bertutur dan bersikap apa adanya. Percayalah, itu bukan perkara mudah, terutama bagi orang-orang yang telah lama kehilangan jati diri.
»» Bertafakur atau melakukan perenungan atas segala kesalahan, kekhilafan, dan kealpaan yang pernah kita lakukan merupakan terapi penting untuk menemukan hakikat diri kita. Dan, yang lebih penting lagi adalah menerima apapun kondisi kita yang sesungguhnya. Pada tahap ini, tidak sedikit orang yang ‘menolak’ dirinya sendiri. Ternyata, kita adalah pendosa.
»» Hati, pikiran, dan perasaan kita sesungguhnya tidak pernah sesuai dengan perbuatan kita. Betapa banyak topeng yang kita tampilkan di muka umum hanya untuk menjaga harga diri kelompok, keluarga, organisasi, dan sebagainya. Padahal perilaku seperti itu sejatinya sangat melelahkan. Hal-hal semacam itulah yang sulit kita terima. Padahal, kita tahu dan sepenuhnya menyadari bahwa seperti itulah diri kita sesungguhnya.
»» Energi seringkali kita habiskan untuk mencari-cari kesalahan dan kejelekan orang lain, sementara kekurangan diri sendiri tak pernah kita akui. Padahal, jika kita mau menggunakan sedikit saja kesempatan dan waktu untuk mengkaji diri sendiri (muhasabah), kita akan tahu bahwa kita kekurangan waktu untuk menghitung betapa banyak kekurangan diri kita.
»» Saudaraku yang dimuliakan Allah, bertafakur terhadap kekhilafan kita lalu menyadarinya dan bertobat kepada ALLAH Swt akan menjernihkan hati dan pikiran sehingga kita mudah menerima siapa sesungguhnya diri kita. Lalu, sedikit demi sedikit, kita akan mengenali hakikat diri kita.
»» La ilaha illalah merupakan zikir pembersihan jiwa dari sikap buruk diri sendiri. Selama ini, secara sadar atau tidak, bisa jadi kita menghamba pada tuhan yang lain selain Allah, seperti menuhankan harta, sehingga muncul sikap yang serakah terhadap dunia. Kita mendahulukan urusan dunia daripada kewajiban beribadah kepada Allah atau lebih merindukan kemegahan dan kemewahan dunia dibanding saat-saat yang tenang dan khusyuk ketika menghadap Allah dalam ibadah.
»» Zikir hakikatnya mengembalikan kesadaran hati dan pikiran dengan cara mengingat Allah secara berulang-ulang. Sebab itu, zikir seharusnya dilakukan sepanjang waktu agar kita selalu mengingat-Nya di manapun dan kapanpun. La ilaha illallah akan mengembalikan kesadaran hati dan pikiran kita bahwa tidak ada Tuhan selain Tuhan Yang Maha Esa, yaitu ALLAH Swt.
»» Kalimat La ilaha illallah mengandung makna yang amat dalam dan mendasar, yaitu penolakan terhadap segala bentuk sesembahan selain Allah dan penetapan bahwa satu-satunya sesembahan yang benar hanyalah Allah. Untuk memahami makna-makna tersebut, kita tidak bisa hanya menggunakan akal pikiran. Sebab, akal bisa saja menolak kebenaran itu. Satu-satunya yang dapat menjangkau lubuk makna-makna tersebut adalah iman. Meskipun, memang untuk sampai pada iman yang sejati, kita harus menggunakan akal pikiran. Kita harus memiliki ilmu atau pengetahuan untuk mengetahui bahwa tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah.
“Maka, ketahuilah bahwasannya tidak ada sesembahan yang benar selain Allah.” (QS. Muhammad [47]:19)
»» Saudaraku yang dirahmati Allah, solusi terbaik untuk menghilangkan kegelisahan adalah dengan menerima apa adanya diri kita yang sesungguhnya. Selanjutnya kita harus senantiasa mengingat Allah di dalam hati dan pikiran. Insya Allah, kegelisahan akan berganti menjadi ketenangan.
Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya doa yang terbaik adalah membaca ‘alhamdu lillah’, sedangkan zikir yang terbaik adalah ‘LAA ILAHA ILLA ALLAAH’, (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim)
Rasulullah Saw juga menyatakan bahwa kalimat yang paling baik yang beliau dan para nabi sebelumnya senantiasa ucapkan adalah kalimat “La ilaha illallah, wahdahu la syarikalah”, (HR. At-Tirmidzi)
Hadits di atas menunjukkan betapa penting kalimat tersebut, sehingga menjadi kalimat pokok yang senantiasa diucapkan oleh para nabi. Tentu, kalimat itu juga sangat penting bagi kita selaku umat Islam. Ibarat dalam kancah perang, kalimat itu adalah senjata kita dalam menghadapi musuh, baik dalam wujudnya yang menyusahkan seperti musibah, maupun dalam wujudnya yang menyenangkan seperti godaan.
Zikirkan kalimat la ilaha illallah, renungkan hakikat diri kita, berada di mana sebenarnya kita. Lalu, resapi dan pahami dengan penuh penghayatan kalimat la ilaha illallah itu agar kita terhindar dari ‘tuhan-tuhan palsu’ yang hanya membuat gelisah diri kita, seperti ‘tuhan’ harta, jabatan, kekuasaan, dan lain sebagainya.
Syeikh Wihdatul Wujud
11139442_829790007113807_1100434151915003924_n

(Visited 1,493 times, 1 visits today)
Mengenal Diri, Tafakur, Muhasabah dan Dzikrullah
Tagged on:                 

5 thoughts on “Mengenal Diri, Tafakur, Muhasabah dan Dzikrullah

  • May 7, 2017 at 4:41 am
    Permalink

    mohon izin untuk membaca dan mengamalkannya dengan benar

    Reply
  • June 18, 2017 at 6:24 pm
    Permalink

    Setelah saya baca ttg artikel pentingnya mengenal diri saya dg seiizin dirik yg dimaksud alhamdulillah difahamkan apa yg pak kyai maksudkan….tapi satu sisi saya tdk setuju jika jika pemahaman ttg haqekat atau ilmu menhenal dirik ni disrbarkan melalui media macam ini krn apa ? Ini adalah ilmu rahasia . Qs…firman allah….katakan olehmu mahammad jika ada orang bertanya ttg siapa dirik ku /dirik tuhannya ….jawab itu rahasia.rahasia. saya mungkin lebih mao bertanya ttg saudara scra lahiriah bukan bertanya haqekat. Saudara bernama siapa kota asal mu dimana shgga harapan saya bisa mengenal saudar.trims

    Reply
  • June 19, 2017 at 10:52 am
    Permalink

    Scra pribadi setelah mmbaca artikel saudara sangat terilham rasanya terutama meliat sejarah yg telah lama berasimilasi dibumi kita nusantara ini saya ni seorang suku bugis yg tinggal di kalbar pontianak saya juga seorang pemerhati sejarah contoh apa yg oak saya cerita turun temurun bhw dulu ada dari kerajaan gowa yg hijrah sekitar 8 org pembesar kerajaan masing2 pindah menguasai pulau atau bgsa misalnya pulau penyengat.singapura.malaka,negeri sembilan dll.kame yg di pontianak ni dari 8 bersaudara itu adlh raja daeng menambun dgn keraton di kabupaten mempaeah sekarang……..yg menarik adalah apa yg menjadi pusaka beliu adalah ilmu mengenal dirik sama seperti saudara cakap tadi. Oleh karena itu saya ingin juga berlayar utk mencari jejak sejarah leluhur kami di bumi yg kame sebutkan namanya tadi dan klo ada izin allah nanti mao ke pulau penyengat riu dst nya…..

    Reply
  • August 26, 2017 at 12:45 pm
    Permalink

    Yg namanya ilmu rahasia tetap rahasia sampai kapanpun, ilmu rahasia tidak bisa di ucapkan walaupun kita ingin mengucapkan apapun yg terurai dari mulut atau yg tertulis itu bukan ilmu rahasia,,,,,rahasia tetap rahasia allah rapi menyimpan ilmu nya,,,walaupun ilmu rahasia dibuka oleh allah kepada kita tetap kita tidak sanggup untuk membeberkannya

    Reply
  • September 26, 2019 at 11:24 am
    Permalink

    Qobaltu ya syich pd hakekatnya kita tdk kenal diri sebdiri yg jelas hidup dari tiada menjadi ada terus kembali menjadi tiada mohon penjelasannya syich saya ingin ketemu dgn diri sebenar diri saya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://117.18.0.19/ https://117.18.0.17/ bandarqq pkv games dominoqq bandarqq dominoqq https://jftbasic.com/bonus-new-member/ https://jftbasic.com/modul/slot-pulsa/ https://jftbasic.com/modul/slot-maxwin/ https://jftbasic.com/modul/slot-kamboja/ https://jftbasic.com/modul/slot-thailand/ https://www.neotiahospital.com/dominoqq/ https://www.neotiahospital.com/bandarqq/ https://www.neotiahospital.com/robopragma/ https://prosulut.com/wp-content/slot-thailand/ https://prosulut.com/robopragma/ dominoqq bandarqq slot77 pkv games https://aim-ima.be/bandarqq/ https://aim-ima.be/dominoqq/ https://aim-ima.be/pyramid/ https://www.muistiliitto.fi/bandarqq/ https://tengerenge.com/alchemy/dominoqq/ https://oasismedical.com/robopragma/ https://oasismedical.com/slot-garansi-kekalahan/ https://www.jayanewslive.com/bandarqq/ https://www.jayanewslive.com/dominoqq/ https://www.jayanewslive.com/pkv/ https://hpnonline.org/wp-content/xrp/ https://hpnonline.org/wp-content/-/bandarqq/ https://hpnonline.org/wp-content/-/dominoqq/ https://ingeniomayaguez.com/inicio/wp-content/metahero/slot-terpercaya/ robopragma slot pulsa slot toto pkv games https://maximafoundation.org/ https://gsconsultants.lk/bandarqq/ https://gsconsultants.lk/dominoqq/ pkv games https://revistacipa.com.br/judi-bola-euro-2024/ pkv games https://ashleyadillon.com/ slot77 judi bola https://acapulco.gob.mx/mailer/ https://acapulco.gob.mx/tys/docs/ https://acapulco.gob.mx/pcivil/css/ https://acapulco.gob.mx/pcivil/uac/ https://acapulco.gob.mx/pcivil/recomendaciones/ pkv games dominoqq bonus new member slot depo 5k pkv games slot thailand slot garansi kekalahan slot dana situs toto slot thailand slot gacor mpo play slot bri slot bca slot dana slot mahjong ways slot77 slot77 slot123 pkv games pkv games pkv games pkv games pkv games bandarqq dominoqq dominoqq dominoqq dominoqq MPO mpo play mpo play bandarqq bandarqq pkv games pkv games pkv games jam hoki main slot jam hoki main slot bandarqq bandarqq pkv games bandarqq bandarqq bandarqq bandarqq dominoqq dominoqq dominoqq pkv games pkv games pkv games pokerqq mpo slot indonesia dominoqq bandarqq pkv games bandarqq pkv games pkv games
https://teradata.co.id/dana/ slot thailand https://bpsk.kuningankab.go.id/indosat/ https://sraten.tuntang.semarangkab.go.id/wp-content/uploads/2023/joker123/ https://sraten.tuntang.semarangkab.go.id/wp-content/uploads/2023/sbobet-sbobet88-judi-bola-mix-parlay/ DEPO 5 BONUS 5 DEPO 10 BONUS 10 DEPO 15 BONUS 15 DEPO 20 BONUS 20 DEPO 25 BONUS 25 DEPO 30 BONUS 30 DEPO 35 BONUS 35 DEPO 40 BONUS 40 DEPO 45 BONUS 45 DEPO 50 BONUS 50 DEPO 75 BONUS 75 DEPO 100 BONUS 100 DEPO 150 BONUS 150 DEPO 200 BONUS 200 SLOT MPO MPO SLOT MPOPLAY ROBOPRAGMA SLOT GARANSI KEKALAHAN SLOT DEPO 1K SLOT DEPO 5K SLOT DEPO 10K SLOT DEPO 15K SLOT DEPO 20K SLOT DEPO 25K SLOT DEPO 30K SLOT DEPO 35K SLOT DEPO 40K SLOT DEPO 45K SLOT DEPO 50K SLOT DEPO 55K SLOT DEPO 60K SLOT DEPO 65K SLOT DEPO 70K SLOT DEPO 75K SLOT DEPO 80K SLOT DEPO 85K SLOT DEPO 90K SLOT DEPO 95K SLOT DEPO 100K SLOT DEPO 1000 SLOT DEPO 10000 SLOT DEPO 100000 SLOT4D SLOT THAILAND SLOT KAMBOJA SLOT INDONESIA SLOT TRIOFUS SLOT777 SLOT88 SLOT77 SLOT123 SLOT PYRAMID SLOT SPACEMAN SLOT KAKEK MERAH SLOT BONUS SLOT GACOR SLOT ONLINE SLOT DEMO SLOT DANA SLOT OVO SLOT PULSA SLOT DEPOSIT PULSA SLOT TELKOMSEL SLOT INDOSAT BONUS NEW MEMBER DEPOSIT PULSA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ POKERQQ IDNPOKER IDNSLOT POKERV QQ ONLINE SITUS TOTO DATA MACAU DATA KAMBOJA DATA INDONESIA DATA HONGKONG DATA SYDNEY DATA SINGAPORE BETSERU BUNGA188 YING77 OLE777 GB777 BK8 GACOR669 SELOT188 NOMOREBET BERKAH186 VENTURE89 AFGGAME 888SLOT 1WIN RUMAH258