Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA)
» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
» Info Hotel di kota Palembang
» Download

Di penghujung tahun 2018 ini, Yayasan Malaya melakukan ziarah ke kompleks makam Gunung Ibul, Prabumulih, Minggu (16/12/2018), yang dipercayai sejumlah kalangan sebagai salah satu tempat keramat leluhur dahulu.

Kompleks makam Gunung Ibul terletak di wilayah administratif Kecamatan Cambai, kota Prabumulih, Sumatera Selatan, berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan raya utama. Di sini terdapat makam Ratu Paseh, Raden Kuning dan Tuan Gajah Mada dan ada satu makam lagi yang namanya tidak diketahui.

Menurut sebuah catatan, Gunung Ibul ini adalah sebuah desa yang didirikan oleh Ratu Sahibul untuk persiapan merebut Palembang. Ratu Sahibul yang telah menyingkir dari Gunung Batu untuk menuju Indra Laya, ternyata sebelumnya sempat menetap di tempat ini untuk membuka perkampungan atau pemukiman. Di tempat ini, beliau mempersiapkan pasukan perang melalui anak-anaknya yang bernama Ibul dan Raden Mas Banding. Kedua anaknya ini ditinggalkan dan diamanatkan untuk mempersiapkan diri di Gunung Ibul, dan di kemudian hari Ibul berganti nama menjadi Ratu Paseh, sedangkan Raden Mas Banding berubah menjadi Raden Kuning. Ratu Sahibul sendiri mengganti namanya menjadi Sariman Raden Kuning.

Wallahua’lam

• telah dilihat 103 kali • total 5 kunjungan untuk hari ini •
Ziarah ke Kompleks Makam Keramat Gunung Ibul

Tulisan Terkait

Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *