Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA)
» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
» Info Hotel di kota Palembang
» Download
Seminar Nasional | Pelestarian dan Perlindungan Cagar Budaya Melalui Instrumen Hukum | Kamis, 29 Maret 2018 | Aula Utama FKIP UNSRI, Palembang | detail

Tujuan ziarah di penghujung tahun 2017 ini yaitu makam Tuanku Malikus Saleh yang terletak di Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir dan makam Tuanku Umar Baginda Sari di Desa Tanjung Atap, Kabupaten Ogan Ilir (24/12/2017). Perjalanan ditempuh lewat jalur darat menuju makam Tuanku Malikus Saleh. Dari sini, perjalanan dilanjutkan ke makam Tuanku Umar Baginda Sari. Untuk menuju lokasi makam, kami harus menaiki perahu, karena akses ke lokasi makam yang dibelah oleh aliran sungai.

Sebelum tiba di makam Tuanku Umar Baginda Sari, kami sholat Zuhur terlebih dahulu di Masjid Daarul Muttaqien II, Tanjung Atap, yang merupakan salah satu masjid peninggalan ulama di Tanjung Atap. Perjalanan melalui sungai ini, kami tempuh sekitar 10-15 menit dengan menggunakan perahu sampan.

Tuanku Malikus Saleh dan Tuanku Umar Baginda Sari tercatat sebagai ulama penyebar Islam di wilayah Sumatera Selatan. Ziarah ini dilakukan, sebagai bagian dari upaya mengenang cinta para puyang kami, yang merupakan penyebar Islam pertama di Sumatera Selatan. Merekalah yang mengenalkan kami akan Tauhid dan Iman, dan mereka juga yang menanamkan kecintaan kami kepada Rasul.

Semoga Allah melimpahkan rahmad dan kasih sayang-Nya selalu kepada ruh ruh beliau dan kepada kami semua anak keturunannya.

Wallahu a’lam

• telah dilihat 111 kali • total 1 kunjungan untuk hari ini •
Ziarah Makam Tuanku Malikus Saleh dan Tuanku Umar Baginda Sari

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *