Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA)
» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
» Download
--------------------

HAJI ABDURRAHMAN
Hoofd Penghulu Palembang
(1905-1915)

Beliau adalah Hoofd Penghulu (penghulu kepala) pertama yang sebelumnya istilah ini disebut Pangeran Penghulu Nata Agama, sebuah lembaga kepenghuluan yang berfungsi mewakili sultan dalam memimpin tugas-tugas keagamaan di era Kesultanan Palembang.

Dalam tahun 1905, atas keputusan dari Snouck Hurgronje, jabatan Pangeran Penghulu Nata Agama dirobah menjadi Hoofd Penghulu. H. Abdurrahman menduduki jabatan Hoofd Penghulu menggantikan pendahulunya Pangeran Penghulu Nata Agama Mustafa (1895-1905). Sebelumnya ia juga menjabat sebagai anggota Khotib Penghulu. 

H. Abdurrahman bernama lengkap Sayid Haji Abdurrahman bin Khatib Ahmad bin Khatib Muhammad Arif Jamalullail, jika dirunut silsilah nasabnya bersambung ke Nabi Muhammad Saw.
Ia dilahirkan oleh ibunya Nyayu Khoni’ah binti Kgs. Kurus dalam tahun 1851 di guguk Kampung Anyar, Kampung Jamalullail sekitar Masjid Agung.

Dasar-dasar pendidikan agama diberikan oleh ayahnya sendiri dan berguru kepada ulama besar Palembang, seperti: Kgs. H.A.Malik, Sayid Hasyir, Ki. Marogan, Syekh Abdullah bin Makruf, dll. Kepada Sayid Hasyir ia mengambil ijazah Tarekat Sammaniyah. Hafal kitab suci Al-Qur’an dalam usia 10 tahun. Tahun 1858, ia dan saudaranya Sayid Juned dan Sayid Bakri menunaikan haji yang pertama sekaligus menuntut ilmu di Tanah Suci. Setelah pulang dalam tahun 1868, ia mendapat posisi dan jabatan penting di Palembang, diantaranya:
– Hoofd Penghulu Palembang
– Penasehat Landraat
– Pengurus Masjid Agung
– Guru Agama
– Syekh Tarekat Sammaniyah
– dll.

Haji Abdurrahman Hoofd Penghulu wafat dalam tahun 1920 dan dimakamkan di Candi Walang. Ia memiiki 3 orang isteri dan 16 putra putri. Namanya diabadikan menjadi nama sebuah lorong di kampung 19 ilir dengan nama Datuk Aman.

Palembang, 27-2-2017
Kms. H. Andi Syarifuddin (KHAS)

Keterangan gambar:
Surat budal berbahagi waris No. 90
Ditulis oleh H.Abdurrahman Hoofd Penghulu, tanda tangan dan cap stempel Kepenghuluan tahun 1915.

Sumber pustaka:
101 Ulama Sumsel

• telah dilihat 36 kali • total 1 kunjungan untuk hari ini •
Haji Abdurrahman – Hoofd Penghulu Palembang (1905-1915)

Tulisan Terkait

  • Tidak Ada Tulisan Terkait
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *