Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA)
» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
» Download
--------------------

Naskah ini adalah surat izin berdagang yang diberikan Sultan Aceh, Alauddin Syah (memerintah tahun 1589-1604), kepada Kapten Harry Middleton. Meskipun tidak bertanggal, surat ini dapat dipastikan dikeluarkan pada tahun 1602 dengan melihat perjalanan Sir Henry Middleton, seorang pedagang dan kapten kapal.

Pada tahun 1601, Sir Henry menemani Sir James Lancaster melakukan pelayaran yang pertama ke Indonesia atas nama East India Company, yang waktu itu baru saja didirikan. Semasa di Aceh, pada bulan Juni tahun 1602 Middleton diangkat sebagai kapten kapal Susan, dan dari Aceh ia diperintahkan ke Pariaman. Di daerah itu Middleton mendapatkan muatan lada dan cengkeh, dan tiba kembali ke Inggris pada tanggal 21 Juni 1603. Sangatlah mungkin surat izin ini diperoleh berhubungan dengan pelayaran tersebut.

Sir Harry Middleton berkunjung ke Indonesia dua kali lagi: ia memimpin pelayaran East India Company yang kedua ke Indonesia pada tahun 1604, dan dalam perjalanan pulang membawa surat dari Sultan Ternate, Tidore and Banton kepada Ratu Elizabeth I. Pada tahun 1610, Sir Harry berlayar ke Indonesia, dan tidak pernah kembali — ia tewas pada tahun 1613 ketika kapalnya Trade’s Increase dibakar di Banten.

Wallahu a’lam

***Sumber: Surat Emas: Budaya Tulis di Indonesia; Annabel Teh Gallop & Bernard Arps; Yayasan Lontar

 

• telah dilihat 151 kali • total 1 kunjungan untuk hari ini •
Surat Izin Berdagang di Aceh bagi Seorang Nakhoda Inggris, 1602

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *