» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
Jadwal Imsakiyyah Ramadhan 1438 H untuk kota Palembang

Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 2015 ini jatuh pada tanggal 24 Desember 2015. Hal ini sebagai sebuah tradisi yang sudah lama berkembang di masyarakat Islam Indonesia dan merupakan bentuk kecintaan kepada Islam dan Nabi Muhammad SAW sebagai penghulu para nabi dan nabi akhir zaman.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah.

Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata:

Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal. Dia merayakannya secara besar-besaran. Dia adalah seorang yang berani, pahlawan, alim dan seorang yang adil – semoga Allah merahmatinya.

Segenap para ulama saat itu membenarkan dan menyetujui apa yang dilakukan oleh Sultan Al-Muzhaffar tersebut. Mereka semua berpandangan dan menganggap baik perayaan Maulid Nabi yang digelar untuk pertama kalinya itu. Para ulama, semenjak zaman Sultan Al-Muzhaffar dan zaman selepasnya hingga sampai sekarang ini menganggap bahwa perayaan Maulid Nabi adalah sesuatu yang baik. Wallahu a’lam.

Para ahli sejarah, seperti Ibn Khallikan, Sibth Ibn Al-Jauzi, Ibn Kathir, Al-Hafizh Al-Sakhawi, Al-Hafizh Al-Suyuthi dan lainnya telah sepakat menyatakan bahwa orang yang pertama kali mengadakan peringatan maulid adalah Sultan Al-Muzhaffar. Namun juga terdapat pihak lain yang mengatakan bahwa Sultan Salahuddin Al-Ayyubi adalah orang yang pertama kali mengadakan Maulid Nabi. Sultan Salahuddin pada kala itu membuat perayaan Maulid dengan tujuan membangkitkan semangat umat islam yang telah padam untuk kembali berjihad dalam membela islam pada masa Perang Salib. Sumber lain mengatakan perayaan Maulid yang sebenarnya diprakarsai oleh Dinasti Fatimiyyun sebagaimana dinyatakan oleh banyak ahli sejarah. Wallahu a’lam.

Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA) turut mengadakan peringatan Maulid yang dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Malaya, Kompleks Patra Permai 4 Blok G-10, Sukarame, Palembang pada Rabu malam Kamis, 23 Desember 2015. Acara resmi dimulai sekitar pukul 22.00 WIB.

Acara diisi dengan pembacaan surah Yaa Siin oleh seluruh jamaah yang hadir, dilanjutkan dengan pembacaan Barzanji oleh  Ust. Wahyudi al-hafiz dan shalowat ke atas Nabi Muhammad SAW. Acara ditutup dengan santap malam bersama dengan menu kambing guling.

maulid-potongkambing
Pemotongan kambing untuk hidangan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

maulid-hidang

maulid-toam

maulid-hidangan

maulid-ritual
Hidangan Maulidan 1437 Hijriah

Barokallahu …

Wallahu a’lam

• telah dilihat 233 kali • total 1 kunjungan untuk hari ini •
Maulidan untuk Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Tulisan Terkait

Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *