Yayasan Alam Melayu Sriwijaya (MALAYA)
» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
» Download
--------------------

Bencana asap yang melanda sebagian besar wilayah Sumatera dan Kalimantan di pertengahan tahun ini, tercatat berlangsung selama hampir empat bulan. Pemerintah pusat dan daerah telah mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin untuk mengatasi dan menyelesaikan bencana asap tersebut. Yayasan Malaya pun mendapat kepercayaan untuk terlibat secara langsung dalam proses penanganan bencana asap, khususnya di kawasan Sumatera Selatan. Tercatat sebagai salah satu relawan yang tergabung dalam Sukarelawan Indonesia untuk Anak Korban Asap (SIKAP) area Palembang, Yayasan Malaya ikut serta dalam sejumlah rangkaian kegiatan penanganan bencana asap, baik itu dalam bentuk menghadiri rapat koordinasi dengan instansi terkait juga dalam bentuk distribusi sejumlah bantuan kemanusiaan.

Sebagai tindak lanjut dari peran serta Yayasan Malaya pada saat penanganan bencana asap di tahun 2015 ini, Kodam II / Sriwijaya mengundang Yayasan Malaya untuk melakukan audiensi, sehubungan dengan program kerja Yayasan Malaya untuk mengunjungi sekolah (PAUD/TK, SD) yang berada di bawah Kodam II / Sriwijaya dalam rangka edukasi dan sosialisasi pencegahan dampak asap serta pemberian bantuan berupa masker, buku cerita anak dan permainan.

Audiensi Yayasan Malaya dengan Kodam II / Sriwijaya berlangsung pada hari Rabu, 18 November 2015, yang diterima langsung oleh Kasdam II / Sriwijaya, Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.Ip beserta jajarannya, Asisten Personel (Aspers) Kasdam II/Swj Kolonel Inf Muhammad Syech Ismed, Kabid Dokkes Kol. dr. Moch. Kukuh dan Kapendam Kolonel Saepul Mukti. Hadir juga pada audiensi ini Ibu Letkol Ckm Vera Silitonga, selaku Wakil Ketua Yayasan Persit Kodam II Sriwijaya dan jajarannya.

audiensi kodam II
Ketua Yayasan Malaya Husni Tamrin, S.H., M.Hum, dalam sesi audiensi dengan Kasdam II Sriwijaya Brigjen Komaruddin

Audensi dimulai secara resmi pukul 13.30 WIB dengan perkenalan dan pemaparan profil Yayasan Malaya, dilanjutkan pemaparan program kerja Yayasan Malaya yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh Ketua Yayasan Malaya Husni Tamrin, S.H. M.Hum, yang mencakup bidang kebudayaan, sosial kemanusiaan dan pendidikan. Disampaikan juga sejumlah bantuan untuk diserahkan kepada anak-anak didik tingkat TK dan SD di lingkungan Kodam II/SWJ.

Kasdam II Sriwijaya menyambut baik program Yayasan Malaya dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi untuk upaya yang sudah dilakukan oleh Yayasan Malaya selama ini. Terucap pesan dari Kasdam yang disampaikan kepada yang hadir bahwa ‘gesekan terjadi karena tidak mengenal budaya’. Disampaikan Kasdam bahwa pendekatan TNI dalam pencegahan dan penanggulangan disintegrasi bangsa ini salahsatunya adalah penekanan aspek budaya.

Beliau juga menceritakan bahwa TNI total dalam penanggulangan asap dengan menurunkan anggotanya terjun langsung ke lapangan, bahkan mereka melakukan kajian dalam penanggulangan kebakaran hutan ini. Untuk program Yayasan Malaya yang akan datang, pihak Kodam menyatakan kesediaannya mendukung kegiatan Yayasan Malaya, khususnya mengenai bantuan personil, baik dari Kodam sendiri maupun dari Yayasan Persit.

Acara resmi berakhir sekitar pukul 14.30 yang ditutup dengan pemberian cinderamata dari Yayasan Malaya untuk Pangdam dan Yayasan Persit, serta pemberian cinderamata dari Pangdam untuk Yayasan Malaya.

audiensi-cinderamata
Pemberian cinderamata dari Yayasan Malaya untuk Pangdam II/SWJ yang diwakili oleh Kasdam II/SWJ Brigjen Komaruddin

audiensi-cinderamatakodam
Pemberian cinderamata dari Pangdam II/SWJ diwakili oleh Kasdam II/SWJ untuk Yayasan Malaya

audiensi-cinderamata1
Pemberian cinderamata dari Yayasan Malaya untuk Yayasan Persit yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Persit Letkol Vera

audiensi-cinderamataperit
Pemberian cinderamata dari Yayasan Malaya untuk Yayasan Persit yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Persit Letkol Vera

audiensi-foto
Foto bersama pengurus besar Yayasan Malaya dengan Kasdam II/SWJ, Aspers Kasdam II/SWJ, Kabid Dokkes dan Kapendam Kodam II/SWJ

audiensi-bantuan
Foto bersama pengurus besar Yayasan Malaya dengan pengurus besar Yayasan Persit Kodam II/SWJ

Wallahu a’lam

• telah dilihat 652 kali • total 3 kunjungan untuk hari ini •
Audiensi Yayasan Malaya dengan Kodam II Sriwijaya

Tulisan Terkait

Tag pada:    

4 gagasan untuk “Audiensi Yayasan Malaya dengan Kodam II Sriwijaya

  • 18 November 2015 pukul 22:29
    Permalink

    TNI dalah satu institusi negara yg sangat menjunjung persatuan dan nasionalisme. Dimana kebudayaan adalah salah satu racikan dalam sebuah persatuan itu. Semoga kedepan Malaya dapat berkerjasama aktif dibidang budaya dan sosial pendidikan di Indonesia bersama sama dg TNI dalam penanaman mental identitas bangsa. Di masyarakat.Amin

  • 18 November 2015 pukul 22:36
    Permalink

    Aamiiiin

  • 18 November 2015 pukul 22:55
    Permalink

    Malaya luar biasa, kebudayaan menjadi jembatan penghubung dalam segala hal. Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *