» Jadwal Sholat Kota Palembang dan Sekitarnya
» Profil Yayasan Malaya
» Kegiatan Yayasan Malaya
Jadwal Imsakiyyah Ramadhan 1438 H untuk kota Palembang

Sejarah telah mencatat bahwa bangsa melayu nusantara memiliki kemampuan navigasi laut yang handal. Mereka menggunakan perahu kapal untuk menjelajahi belahan dunia lain. Mereka menunjukan semangat yang tak padam dan keberanian yang luar biasa mengarungi lautan yang luas. Dapat dibayangkan pada masa itu, dengan teknologi dan fasilitas penunjang yang tidak se-modern sekarang, mereka berani belayar sedemikian jauh menggunakan perahu kapal hanya berpatokan pada petunjuk bintang dan angin. Dikatakan bahwa mereka mampu menjelajahi 11.000 mil laut menggunakan perahu kapal dalam waktu 6 bulan. Itu waktu yang lama untuk dijalani di tengah laut yang kosong.

Sebagai bagian dari pewaris dan penerus keluhuran nenek moyang bangsa melayu, khususnya kemampuan maritimnya, guguk Alam Melayu Sriwijaya melakukan ritual Sambut Tuah Sungai sebagai simbol-simbol tradisi adat budaya Melayu Sriwijaya yang harus dijaga dan dilestarikan agar tetap tumbuh kembang sebagai pengingat generasi sekarang.

Perahu kapal di Sungai Musi

Alhamdulillah syukur kami panjatkan, guguk Alam Melayu Sriwijaya telah melaksanakan ritual Sambut Tuah Sungai dengan khidmat dan lancar pada hari Sabtu, 25 Juli 2015 di perairan Sungai Musi Palembang yang dimulai pukul 08.30 WIB.

Kayu balok busuk pinggirnya, lalu diracik kulit tebalnya
Sungai berkelok amat indahnya, bergemericik amat merdunya

 

Persiapan Keperluan Sambut Tuah Sungai

Ritual Sambut Tuah Sungai dimulai dengan persiapan sejumlah sajian dan sarana penunjang lainnya. Dengan menggunakan 2 (dua) buah perahu kapal, ritual diawali dengan pembacaan surat al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan ucapan salam. Dilanjutkan dengan melakukan susur sungai Musi dengan rute dimulai dari pelabuhan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang menuju kawasan jembatan Musi II Palembang. Rute selanjutnya menuju kawasan Komplek Pemakaman Bagus Kuning Plaju dan berakhir di pelabuhan Benteng Kuto Besak Palembang. Selama ritual susur sungai Musi ini, diisi dengan pembacaan surat Yaa-Siin dan sholawat kamilah.

 

Guguk Alam Melayu Sriwijaya menuju lokasi Sambut Tuah Sungai

Perahu kapal yang digunakan dalam ritual Sambut Tuah Sungai
Sambut Tuah Sungai siap dimulai
Pembacaan surat al-Fatihah, pembacaan doa dan ucapan salam

Menyusuri Sungai Musi Palembang

Pembacaan surat Yaa-Siin

Rute yang ditempuh hingga kawasan Musi II Gandus Palembang
Menuju pelabuhan Benteng Kuto Besak sebagai titik awal dan akhir

 

Pergi ke kota bersama teman, kota Melaka tempat pilihan,
Menjaga sungai jadi amalan, agar tidak berlaku pencemaran

Pergi menyelam di dalam sungai, pergi menyelam di sungai Musi,
kita perlu menjaga sungai, agar khazanahnya tetap abadi

Selesai ritual sambut tauh sungai ini, dilanjutkan dengan ziarah ke kompleks pemakaman Bukit Siguntang yang terletak sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musi. Pada masa Kesultanan Palembang Darusasalam, Bukit Siguntang dianggap sebagai tempat yang suci dan berkhairsma. Di kompleks Bukit Siguntang in terdapat makam-makam yang diyakini sebagai orang besar pada zamannya yaitu makam Segentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, Panglima Tuan Djunjungan dan Panglima Batu Api.

 

Bukit Siguntang Palembang

 

Makam Raja Segentar Alam

 

Bukit Siguntang oleh sebagian masyarakat, terutama masyarakat Melayu di Sumatera dan Semenanjung Tanah Melayu, dianggap suci karena merupakan ‘punden’-nya orang-orang Melayu.

Langit luas berwarna biru
Perhiasan bagi kedua mata
Alam terkembang menjadi guru
Penuh hikmah dari Sang Pencipta

Wallahu a’lam

youtube

Live from youtube

• telah dilihat 517 kali • total 1 kunjungan untuk hari ini •
Sambut Tuah Sungai Guguk Alam Melayu Sriwijaya

Tulisan Terkait

Tag pada:                            

Satu gagasan untuk “Sambut Tuah Sungai Guguk Alam Melayu Sriwijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *